Butuh Dana Tunai Instan di Pegadaian? Inilah Cara Mendapatkannya

pegadaian

Banyak orang yang menjadikan pegadaian sebagai solusi saat membutuhkan dana tunai instan. Hal ini bisa diterima karena pengajuan uang pinjaman di pegadaian biasanya lebih mudah dan lebih cepat dibanding bank. Untuk tarif sewa atau jumlah bunganya memang sama dengan bank atau bahkan lebih tinggi, tapi tetap lebih rendah dibanding jumlah bunga di pinjaman online.

Di kepercayaan agama tertentu, menggadaikan barang juga lebih disarankan dibanding meminjam uang pada rentenir. Mungkin karena itu juga lah banyak orang yang tertarik untuk mendapatkan uang tunai instan di pegadaian. Bagi anda yang ingin mengetahui cara meminjam uang di pegadaian, simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Pinjaman Dana Tunai di Pegadaian

Sebelum membahas tentang cara mendapatkan uang tunai di pegadaian, sebaiknya anda mengetahui tentang jenis produk pinjaman yang ditawarkan pegadaian agar lebih mudah saat menentukan ingin menggunakan yang mana. Langsung saja, berikut produk pinjaman yang dimaksud.

1. KCA (Kredit Cepat Aman)

Jenis yang pertama adalah KCA yang bisa digunakan oleh semua golongan nasabah. Keunggulannya yaitu layanan KCA sudah tersedia di banyak outlet pegadaian seluruh Indonesia. Nasabah pun tidak perlu memiliki atau membuka rekening bank karena perhitungannya dengan sewa modal. Nantinya nasabah akan mendapatkan pinjaman dalam bentuk uang tunai.

Pinjaman yang bisa didapat mulai dari 50.000 rupiah hingga 500 juta atau bahkan lebih dengan jangka waktu maksimal empat bulan. Bisa juga diperpanjang dengan membayar sewa modal atau mengangsur uang pinjaman. Pelunasannya bebas, bisa setiap saat. Syarat pengajuannnya juga tergolong mudah. Jenis barang yang digadaikan sangat banyak, antara lain yaitu emas batangan, perhiasan emas, mobil, sepeda motor, laptop, smartphone, dan barang elektronik lainnya.

2. Krasida

Bagi pemilik UMKM, anda bisa mendapatkan dana tunai instan dengan mudah melalui produk krasida. Krasida ini memang dikhususkan bagi pemilik UMKM. Jaminannya berupa emas atau kendaraan bermotor. Pinjaman yang bisa didapat mulai dari 1 juta rupiah hingga 250 juta, tergantung nilai taksiran jaminan yang bahkan bisa sampai 95 persen. Untuk bunganya, lebih kecil dari KCA yaitu 1.25 persen per bulan. 

3. Kreasi

Kreasi dikhususkan bagi pemilik UKM. Kreasi menggunakan sistem fidusia dimana jaminan yang diberikan hanya berupa BPKB, kendaraannya masih tetap bisa digunakan. Jadi yang bisa digadaikan untuk mendapat pinjaman ini hanyalah sepeda motor dan mobil. Jumlah pinjaman mulai dari 1 juta rupiah hingga 200 juta rupiah. 

4. Produk syariah

Bagi yang mencari produk syariah, di pegadaian ada rahn, amanah, arrum, dan arrum haji. Rahn hampir sama dengan KCA, amanah untuk pemebelian kendaraan bermotor, arrum hampir sama dengan kreasi, dan arrum haji untuk pendaftaran haji dengan sistem gadai emas.

Baca juga: Cara Mudah Agar Pinjaman Online Tanpa Kartu Kredit Disetujui

Cara Mengajukan Dana Tunai di Pegadaian

Setelah mengetahui beberapa produk pinjaman di pegadaian, kini akan kita bahas tentang cara mengajukan pinjamannya. Jadi hal pertama yang harus anda lakukan adalah memutuskan ingin menggunakan produk pinjaman yang mana. Jika anda belum terlalu paham perbedaannya, anda bisa bertanya langsung di pegadaian. Jika sudah, anda bisa ke pegadaian sekalian membawa barang yang hendak digadaikan.

Selain membawa barang jaminan yang hendak digadaikan, anda juga harus membawa persyaratan lain seperti fotokopi KTP, fotokopi KK, BPKB dan STNK asli untuk jaminan kendaraan bermotor, faktur pembelian kendaraan bermotor, surat nikah, dan surat kelayakan usaha. Persyaratan tersebut tidak digunakan semuanya, tergantung jenis produk pinjaman yang anda pilih. Misal untuk syarat kelayakan usaha hanya jika anda memilih produk Kreasi dan Krasida.

Saat di pegadaian, anda biasanya diminta mengisi form peminjaman, menandatangani surat bukti kredit atau SBK, dan lain sebagainya. Jika langsung diproses, anda langsung bisa mengetahui uang pinjaman yang berhasil didapat beserta jangka waktu pinjaman.

Anda juga diminta membayar biaya adminstrasi, yang bisa anda bayarkan langsung atau dipotong dari uang pinjaman. Ingin melihat produk pinjaman dana terbaik di Indonesia dengan cicilan ringan? Anda bisa melihatnya disini https://www.cekaja.com/kredit. Demikian ulasan tentang cara mendapatkan dana tunai instan lewat pegadaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *