Hati-Hati! 5 Hal Ini Rentan Membuat Generasi Milenial Terlilit Utang 

Pengajuan kredit kini semakin praktis dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Apalagi sejak ada sistem Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang membuat Anda tak perlu repot-repot menyiapkan jaminan. Kini, KTA Bank Mandiri dan kelebihannya bisa memfasilitasi kebutuhan finansial Anda secara praktis. Namun, Anda harus tetap memanfaatkan KTA secara bijak. 

Generasi milenial sekarang berada pada masa produktif dan mulai mendominasi penggunaan fasilitas KTA. Meminjam uang tentu sah-sah saja untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Kendati demikian, sebaiknya Anda tidak mengajukan pinjaman dengan beberapa tujuan berikut ini. Karena lima hal ini rentan membuat generasi milenial terlilit utang: 

Hobi Traveling 

Hobi traveling memang menyenangkan dan membuat Anda terbebas dari stres. Namun, bukan berarti Anda bebas melakukan traveling sesering mungkin. Anda tetap harus merencanakan budget untuk traveling secara cermat. Supaya Anda tidak kehabisan uang untuk kebutuhan utama, menabung, dan berinvestasi. Sebaiknya, pengajuan KTA digunakan untuk hal yang benar-benar bersifatmendesak dan tidak bertujuan memenuhi keinginan traveling  

Kecanduan Belanja Online 

Bukan rahasia lagi kalau generasi milenial juga menyukai sistem belanja online. Tanpa harus bepergian, barang-barang pesanan langsung diantarkan ke tempat tujuan. Belanja online secara cermat memang baik karena Anda bisa mendapatkan diskon besar. Di sisi lain, Anda juga harus mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jangan sampai Anda terlilit utang kartu kredit atau KTA hanya karena membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Belajarlah mengendalikan keinginan belanja dan memesan barang yang benar-benar sesuai kebutuhan. 

Dapatkan Informasi Mengenai Asuransi Kendaraan Terbaik

Gaya Hidup Super Boros 

Banyak sekali gaya hidup generasi milenial yang identik dengan perilaku boros. Misalnya, sering nongkrong di kafe mahal, belanja barang-barang branded, dan nonton film di bioskop secara berlebihan. Tak mengherankan bila gaji jadi cepat habis dan generasi milenial kerap berutang demi memenuhi kebutuhan hidup. Memanjakan diri sendiri memang baik, tetapi Anda harus memahami batasannya. Mulailah membatasi diri untuk hal-hal hedonisme supaya Anda tidak sering kekurangan uang di akhir bulan. 

Terlalu Sering Menggunakan Kartu Kredit 

Penggunaan kartu kredit harus disesuaikan dengan kemampuan finansial pribadi. Jadi, jangan sampai Anda menggunakan kartu kredit hingga melampaui kemampuan membayar yang bisa Anda lakukan. Limit kartu kredit yang meningkat memang menggiurkan. Kendati demikian, Anda harus ingat bahwa kartu kredit mesti dibayar setiap bulan. Sebaiknya Anda tidak membayar biaya minimumnya saja. Sebab tagihan kartu kredit yang terus menumpuk akan semakin banyak karena terakumulasi dengan bunga. Lunasi kartu kredit setiap bulan sehingga Anda leluasa menggunakannya kembali. 

Lingkungan Pertemanan yang Konsumtif 

Tak dapat dipungkiri bahwa lingkungan pertemanan yang konsumtif juga turut mempengaruhi gaya hidup Anda. Kemungkinan besar Anda akan ikut boros karena mengikuti gaya hidup teman-teman Anda. Nongkrong di kafe, wisata kuliner, dan traveling akan menguras isi dompet Anda. Padahal, belum tentu kondisi finansial Anda sama dengan teman-teman lainnya. Bisa saja teman-teman Anda mampu bertindak konsumtif karena pendapatannya jauh lebih besar dari Anda. Jadi, berhati-hatilah memilih teman supaya bisa saling mendukung dan tidak rentan membuat Anda bertindak boros. 

Semoga Anda tak termasuk golongan generasi milenial yang boros hingga tak punya tabungan dan investasi sama sekali. Mengajukan pinjaman KTA untuk hal-hal penting tentu merupakan tindakan wajar. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda mampu melunasi cicilan pinjaman secara lancar. Namun, hindari sifat-sifat hedonisme kekinian yang bikin Anda rentan terlilit utang dan sulit keluar dari jeratannya.

Informasi lengkap mengenai KTA Bank Mandiri dan kelebihannya dapat anda simak di https://www.cekaja.com/banks/mandiri/pinjaman/kta-mandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *