Ingin Mendapatkan Dana Usaha Dari Modal Ventura? Berikut Caranya!

Mau Pinjaman Modal Usaha di Bank? Pertimbangkan Hal-hal Ini!

Saat ini kemudahan untuk meminjam dana tak perlu diragukan lagi. Karena kini semakin banyak alternatif selain bank untuk meminjam dana, salah satunya modal ventura.  Umumnya, modal ventura dianggap sebagai pembiayaan yang diberikan berupa modal kepada perusahaan swasta yang sedang merintis (start up) atau telah berkembang dalam jangka waktu tertentu. Penyuntikan modal ini diberikan dalam bentuk tunai yang nantinya ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan.

Bila perusahaan yang disuntik modal usaha sukses, maka sistem bagi hasil pendapatannya dari pembagian dividen atau laba perusahaan. Sehingga banyak perusahaan yang tergiur untuk mencoba peruntungannya melalui modal ventura.  Berikut cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapat dana usaha melalui modal ventura:

Membuat dan Mengajukan Rencana Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapat dana sebagai modal usaha Anda adalah membuat rencana bisnis. Perencanaan yang matang berguna untuk meyakinkan para investor tentang usaha yang akan maupun sedang Anda rintis. Buatlah daftar perencanaan bisnis yang terstruktur dan mudah dimengerti. Aspek yang harus masuk dalam membuat rencana bisnis tersebut, contohnya adalah deskripsi lengkap tentang perusahaan, tujuan pendirian perusahaan, latar belakang perusahaan, serta transparansi seputar keuangan yang detail.

Setelah membuat rencana bisnis tersebut secara matang dan jelas, barulah Anda bisa mengajukan rencana bisnis tersebut kepada pihak investor. Berikan penjelasan mengenai isi rencana bisnis Anda dengan bahasa yang jelas, tidak bertele-tele, dan mudah dimengerti. Sertakan pula data-data yang akurat mengenai perusahaan Anda. Sehingga data tersebut dapat menunjang performa perusahaan yang dimiliki.

Menjalin Kerja Sama

Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk menemui investor yang akan menyuntikkan dana nya pada perusahaan Anda. Ini merupakan tahap terakhir dari perencanaan bisnis yang Anda buat, setelah melewati tahap due diligence. Para investor yang akan menjalin kerja sama dengan Anda akan langsung menyelesaikan masalah administrasi maupun legalitas. Setelah semua urusan telah diselesaikan, pihak investor akan memberikan dana tersebut dengan mentransfer nya ke rekening perusahaan dan siap digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Saat Anda akan menjalin kerja sama dengan calon investor, jangan lupa untuk membaca dengan cermat semua ketentuan dan syarat yang terdapat dalam dokumen perjanjian. Jangan sampai dokumen perjanjian tersebut nantinya dirasa memberatkan perusahaan Anda sendiri.

Mengunjungi Pameran Perusahaan Start Up

Jika Anda ingin mendapatkan dana usaha dari modal ventura, tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi berbagai pameran perusahaan start up.  Karena biasanya dari pameran-pameran tersebut, Anda berpeluang menjumpai para investor yang memang berniat mencari perusahaan rintisan untuk diajak bekerja sama. Tak perlu sungkan untuk berkenalan dengan para investor dan menawarkan perusahaan yang dimiliki.

Biasanya di beberapa pameran perusahaan perintis justru menyediakan sesi privat, dimana Anda bisa bertatap muka langsung dengan para calon investor. Keuntungan lainnya, Anda juga bisa bertanya dengan sesama pengusaha disana mengenai tips untuk mengembangkan usaha Anda. Menarik bukan?

Beberapa cara diatas bisa Anda gunakan jika ingin mendapat suntikan dana dari modal ventura. Pastikan Anda telah membuat perencanaan bisnis yang benar-benar matang dan menarik. Sehingga perencanaan bisnis tersebut akan dilirik oleh para calon investor.

Untuk mendapatkan informasi mengenai modal ventura, Anda juga bisa membaca nya melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/dana-usaha-modal-ventura/. Karena artikel di CekAja.com juga memberikan informasi lainnya mengenai modal ventura, salah satunya tentang perusahaan-perusahaan Venture Capital (VC) yang ada di Indonesia. Tentunya juga telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *