Jelang Lebaran, Masih Bingung Cari Pinjaman Uang Kemana? Ini Jawabannya

masih bingung cari pinjaman uang kemana ini tempatnya

Setiap orang memiliki kebutuhan finansial masing-masing yang berbeda. Namun, jika dilihat dari pendapatan masyarakat Indonesia yang masih belum stabil, sepertinya masih sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup utama mereka. Oleh sebab itu, tidak sedikit dari mereka yang terpaksa menutupi keperluan hidupnya dengan cara mencari pinjaman uang sampai kesana kemari.

Terlebih, saat memasuki bulan ramadan dan menjelang lebaran, karena sudah dipastikan kebutuhan keuangan akan meningkat. Sebut saja kebutuhan keuangan, seperti untuk membeli tiket mudik sekeluarga, untuk membeli baju baru untuk anak, membeli bahan makanan untuk lebaran, hingga untuk biaya renovasi rumah.

Namun, di balik itu ternyata masih banyak dari mereka yang tidak tahu tempat apa saja yang bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan pinjaman uang. Terlebih, mereka pasti akan berpikir bahwa persyaratan yang perlukan untuk bisa mendapatkan pinjaman sangat sulit. Sehingga, tidak sedikit juga yang mengurungkan niatnya untuk bisa mendapatkan pinjaman, dan tetap hidup dengan keterbatasan finansial yang buruk.

Nah, bagi Anda yang juga mengalami kondisi dan masalah di atas, berikut adalah tempat-tempat yang bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan pinjaman uang. Bahkan, bisa juga untuk memenuhi kebutuhan darurat sekalipun. Berikut rangkumannya;

1. Bank

Bank merupakan tempat atau lembaga keuangan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan finansial, termasuk dalam hal tempat pinjaman uang yang paling banyak digunakan. Hal itu terjadi karena bank masih merupakan sumber pinjaman uang konvensional, maka tak heran jika persyaratan yang harus dipenuhi juga cukup banyak. Meski begitu, melakukan pinjaman uang di bank dipastikan akan lebih aman dan terjamin.

Terlebih, saat ini banyak bank yang menyediakan pinjaman tanpa jaminan atau biasa disebut lredit tanpa agunan. Selain itu, pinjaman tanpa jaminan ini juga dinilai lebih mudah dibandingkan pinjaman dengan jaminan.

Akan tetapi, adanya pinjaman tanpa jaminan bisa sangat berisiko bagi pihak bank, sehingga bank memberikan bunga yang relatif tinggi untuk produk pinjaman tanpa jaminan tersebut. Bahkan, bunga yang ditawarkan bisa mencapai 20% per tahunnya.

Baca Juga: Tips Pinjaman Uang Tanpa Syarat Dan Jaminan

2. Lembaga Non Bank

Salah satu tempat alternatif lainnya untuk mendapatkan pinjaman uang adalah lembaga non bank seperti lembaga koperasi. Namun, sebelum Anda ingin mengajukan pinjaman di koperasi, Anda diwajibkan untuk menjadi anggota koperasi tersebut.

Nah, setelah Anda menjadi anggota koperasi, Anda baru bisa mengajukan dan memperoleh dana pinjaman pada LKM atau lembaga keuangan Mikro yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan proses negosiasi terkait jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.

3. Pegadaian

Lembaga keuangan alternatif selanjutnya untuk bisa mendapatkan pinjaman uang adalah Pegadaian. Lembaga keuangan non bank yang satu ini merupakan perusahaan BUMN yang juga telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia untuk membantu mengatasi masalah keuangan nasabahnya.

Anda hanya perlu datang ke cabang Pegadaian terdekat dengan membawa barang yang bernilai tinggu sebagai jaminan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit Anda pun sudah bisa mendapatkan pinjaman uang dengan nilai setara barang yang akan dijadikan jaminan. Jangka waktu pinjamannya pun tergolong lama, yakni maksimal 4 bulan, dan bisa diperpanjang.

Barang yang bisa dijadikan jaminan pastinya harus milik sendiri dan memiliki surat resmi dan asli, seperti emas, perhiasan, BPKB kendaraan, atau sertifikat rumah. Mudah bukan?

4. Kerabat atau teman dekat

Nah, kalau cara mendapatkan pinjaman uang yang satu ini syaratnya cuma berani dan harus berkomitmen baik antara kedua belah pihak. Terlebih jika Anda meminjam uang ke kerabat atau teman dekat, risiko yang mungkin terjadi adalah malu bahkan bisa putusnya tali silaturahmi. Sehingga, sebisa mungkin Anda harus bisa membayar pinjaman uang tersebut dengan jadwal yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Namun, dibalik itu, ada sisi posistifnya dari meminjam uang ke kerabat, yakni bisa fleksibel untuk jangka waktu pengembalian pinjaman. Tidak hanya itu, Anda juga bebas dari persyaratan yang sulit hingga jaminan yang super ribet.

5. Fintech

Tempat lain yang bisa memberikan bantuan untuk bisa mendapatkan pinjaman uang selanjutnya adalah lembaga keuangan financial technology atau fintech. Perusahaan fintech ini bisa dibilang merupakan lembaga keuangan baru yang bisa diakses melalui online di situs website.

Fintech juga menyediakan banyak produk financial, mulai dari kartu kredit, asuransi, KPR, hingga pinjaman uang tanpa jaminan. Fintech juga menyediakan produk finansial dari banyak perusahaan bank dan perusahaan asuransi ternama. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengajukan pinjaman uang melalui online dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat.

Salah satu fintech terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih sebagai alternatif tempat mendapatkan pinjaman uang adalah Cekaja.com. Tidak hanya aman, Cekaja.com juga telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Sehingga ketika Anda memiliki masalah terkait pengajuan, OJK akan bertanggung jawab penuh. Sehingga nasabah bisa meminjam uang dengan aman dan nyaman.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait informasi pinjaman uang tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan di Cekaja.com, Anda bisa langsung mengunjungi link berikut ini: https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *