Jenis Pinjaman untuk Modal Usaha yang Perlu Diketahui

Jenis Pinjaman Untuk Modal Usaha yang Perlu Diketahui

Tak bisa dipungkiri bahwa modal merupakan salah satu kendala yang sering kali dihadapi bagi masyarakat yang ingin memulai bisnis. Walaupun seseorang telah merancang sebuah bisnis yang fantastis dan memberikan peluang untuk berkembang menjadi lebih besar, namun bila tidak ada modal, tetap saja sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan. Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis namun bingung dimana bisa mendapatkan modal, sebenarnya mencari pinjaman untuk modal usaha itu tidak terlalu sulit kok. Ada beberapa cara yang bisa dijadikan solusi dalam mendapatkan modal untuk usaha mu.

Jenis Pinjaman Untuk Modal Usaha

1.Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau yang disingkat sebagai KUR merupakan sebuah program pemerintah yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. Salah satu tujuan dari KUR ini ialah untuk membantu orang yang memiliki bisnis kecil untuk mendapatkan akses pinjaman modal dari lembaga keuangan, baik itu swasta maupun pemerintah. Selain itu, program ini juga bermitra dengan beberapa bank sebagai penyalur, seperti Bank BRI, BNI, BTN, dan sebagainya. Hanya saja, syarat yang diberikan kepada peminjam ialah ia harus memiliki bisnis yang telah berjalan namun belum memiliki akses atau belum bisa mengakses perbankan.

2. Peer to Peer Lending

Bagi kamu yang tidak mau diribetin dengan berbagai kepengurusan administrasi pinjaman modal usaha yang dilakukan melalui bank, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan internet, melakukan pinjaman pun juga sudah semakin dipermudah dengan adanya peer to peer (P2P) lending.

Pada intinya P2P lending ini mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman atau investor yang mencapai kesepakatan agar sang investor rela memberikan pinjaman kepada peminjam sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

Nah, si investor ini akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang diberikan oleh si peminjam. Biasanya P2P lending dilakukan oleh mereka yang tidak mengajukan pinjaman ke pihak perbankan. Yang membuat situs ini semakin meningkat kepopularitasannya ialah karena setiap peminjam tidak perlu datang langsung bertemu investor melainkan via online, sehingga semakin mempermudah peminjam yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak sempat untuk datang ke bank dan sebagainya.

Sebenarnya, mencari pinjaman untuk modal usaha tidaklah sulit. Ditambah lagi dengan sudah banyak bermunculan situs-situs pinjaman online yang tersebar di penjuru internet membuat setiap calon pengusaha yang membutuhkan modal bisa memanfaatkannya dengan mudah. Selain dua jenis pinjaman yang bisa dimanfaatkan, terdapat dua jenis pinjaman lagi yang bisa kamu manfaatkan. Penasaran? Kunjungi saja https://www.cekaja.com/kredit/news/140687-4-jenis-pinjaman-yang-bisa-kamu-manfaatin-untuk-modal-usaha.html 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *